Keren, Ada Fasilitas Sholat di Bandara Jepang yang Bikin Takjub

Panduan Traveling
Keren, Ada Fasilitas Sholat di Bandara Jepang yang Bikin Takjub - Setiap negara di dunia nampaknya berbenah terhadap potensi wisata di negaranya. Mulai dari pelayanan, infrastruktur, kemudahan akses informasi, dan sebagainya. Salah satu negara yang ternyata juga sedang gencar adalah Jepang.

Keren, Ada Fasilitas Sholat di Bandara Jepang yang Bikin Takjub

Negara ini memiliki inovasi yang sangat keren dimulai dari awal. Iya, semenjak kita datang menginjakkan kaki di Jepang maka akan disambut dengan kebersihan bandara yang super bersih. Jepang memang menerapakan tingkat disiplin yang tinggi untuk masalah kebersihan di negaranya.

Salah satu fasilitas yang bikin takjub di Jepang adalah adanya fasilitas Sholat di setiap bandara Jepang. Nyaris semua bandara di Jepang kini memiliki fasilitas Sholat untuk wisatawan muslim.

Pemerintah Jepang sedang gencar membangun fasilitas sholat di berbagai bandara Jepang guna menarik wisatawan muslim yang tertarik traveling ke Jepang. Fasilitasnya pun dibuat sangat bersih dan canggih sehingga berbeda dengan fasilitas sholat di berbagai bandara lainnya di dunia.
Baca juga: Ajak Liburan si Dia ke Jepang, Pasti gak akan Nolak
Tujuan lain dari digencarkannya pembangunan fasilitas Sholat di bandar Jepang ini yaitu sebagai persiapan Tokyo menjadi tuan rumah dalam ajang Olimpiade Musim Panas 2020.

Dilansir dari OnIslam, Kepala proyek di Pusat Promosi ASEAN untuk perdagangan, Investasi dan Wisata Tokyo, Ken Fujita mengatakan, upaya membuat bandara lebih ramah kepada muslim telah dilakukan.

Misalnya dengan menyediakan berita menarik seputar Islam, menambah jumlah tempat salat di bandara yang dilengkapi dengan tempat wudhu. Untuk pertama kali, fasilitas itu telah diterapkan di Bandara Narita, Prefektur Chiba. Kemudian disusul dengan bandara-bandara lainnya.

Keren, Ada Fasilitas Sholat di Bandara Jepang yang Bikin Takjub

Ada hal yang menarik disini, ruang salat yang tersedia di bandara Jepang ternyata tampak begitu mewah. Bahkan sebagian traveler kagum dengan fasilitas itu. Ruang yang disebut dengan 'Silence Room' itu dilapisi karpet dan sebuah panel yang menunjukkan arah kiblat. Ruangan Sholat ini terlihat rapi, bersih dan tertata apik.
Baca juga: Nikmati wisata Edutravel bersama Krakatau Steel
Dengan cara ini ternyata pemerintah Jepang mampu mendatangkan jumlah kunjungan wisatawan muslim lebih banyak. Sekitar 28 ribu wisatawan muslim asal Indonesia dan Malaysia mengunjungi Jepang pada bulan Oktober tahun lalu. Di sisi lain, populasi umat Islam yang tinggal di Jepang pun kabarnya kian bertambah hingga mencapai 120 ribu jiwa.

Jika jepang saja memperhatikan fasilitas Sholat di bandara dengan sangat rapi, bersih, dan apik. Seharusnya kita di Indonesia juga mampu menerapkan hal ini.

Fasilitas umum yang ada setidaknya ditunjang dengan tersedianya tempat sholat seperti masjid atau mushola yang memadai. Sehingga bukan hanya kesenangan dunia semata yang kita dapat, namun juga kesenangan beribadah yang berorientasi pada akhirat.
Advertisement
Keren, Ada Fasilitas Sholat di Bandara Jepang yang Bikin Takjub | noreply@blogger.com | 5