Inilah Alasan Patung Garuda Jadi Ikon Baru di Soekarno Hatta

Panduan Traveling
Inilah Alasan Patung Garuda Jadi Ikon Baru di Soekarno Hatta - Pemandangan berbeda akan terlihat di Bandara Internasional Soekarno Hatta tepatnya di depan area terminal 3. Bandara yang siap beroperasi pada bulan ini pun menyiapkan ikon khusus untuk memanjakan pengunjung dalam dan luar negeri yang melakukan penerbangan di bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Ikon baru di bandara internasional Soekarno Hatta tersebut adalah Patung Garuda raksasa. Patung Garuda yang ditampilkan ini merupakan karya dari I Nyoman Nuarta, seniman asal Bali. Patung Garuda akan berdiri setinggi 18 meter, dengan lebar 18 meter dan berdiri di ketinggian 3 meter.

Alasan Pemilihan Patung Garuda

I Nyoman Nuarta menuturkan beberapa filosofi dipilihnya Patung Garuda sebagai ikon baru di Bandara Soekarno Hatta, diantaranya:
"Karena Cengkareng melambangkan airport negara, Ibukota kita. Nah, Garuda kan lambang negara kita. Kalau kita ambil simbol yang diakui negara ini, tidak menimbulkan kecemburuan".
I Nyoman Nuarta tidak sendiri dalam melakukan pemilihan patung garuda ini. Orang lain yang berperan juga ialah Presiden Director PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi. Ia mengatakan bahwa penciptaan ikon Terminal 3 ini dilatarbelakangi oleh bangsa Indonesia yang kaya akan kearifan lokal. Sehingga terlihat berbeda dari bandara lainnya di negeri ini.
"Kalau ngadu teknologi, uang, kita tidak lebih punya uang. Oleh karenanya kami cari differensiasi kearifan lokal, patung, lukisan, tari, musik, dan makanan yang saya pikir di Asia kita punya kearifan lokal yang paling baik".
Material yang digunakan untuk pembuatan Patung Garuda merupakan material besi baja seberat kurang lebih 20 Ton. Target yang diberikan kepada Nyoman untuk menyelesaikan proyek pembuatan ini ialah sampai Agustus 2016, namun ia berkomitmen untuk menyelesaikan secepatnya dengan hasil yang cukup bagus.
Ikon Patung Garuda di Bandara Soekarno Hatta dibatasi masalah ketinggiannya. Menurut Nyoman kondisi tersebut dibatasi dengan radar bandara dan sudut pandang pengunjung. Sehingga pada jarak tertentu, siluet Garuda akan terlihat kokoh.
Sebelum mengakhiri obrolan ringannya, Ia memberikan penegasan tentang patung Garuda tersebut "Kalau orang lewat 200 meter bisa melihat siluetnya. Walaupun dalam rangkaian Terminal 3, ini tidak hanya jadi gerbangnya Terminal 3, tapi Bandara Soekarno-Hatta".

Semoga terminal 3 Soekarno Hatta bisa menjadi kebanggan rakyat Indonesia dan bisa mendatangkan banyak wisatawan luar negeri ke Indonesia. Sehingga objek wisata di berbagai tempat di Indonesia bisa lebih dikenal oleh dunia.
Advertisement
Inilah Alasan Patung Garuda Jadi Ikon Baru di Soekarno Hatta | noreply@blogger.com | 5