Inilah 9 Tempat Wisata Paling Hits di Bandung Selatan

Panduan Traveling
Inilah 9 Tempat Wisata Paling Hits di Bandung Selatan - Alhamdulillah pada kesempatan malam ini Saya kembali bisa menulis beberapa tempat menarik lagi di Bandung. Yeay, Bandung memang surga untuk para Travel Blogger  seperti Saya menelurkan ide-ide dan banyak pengalaman. Kali ini, kita ulas 9 tempat wisata alam di Bandung yang lagi hits yah.
Banyak tempat wisata yang menarik di Bandung terutama di daerah Bandung Selatan. Kawasan yang terkenal dengan sebutan kota kembang ini memiliki berbagai macam tempat wisatanya yang tidak dimiliki daerah lainnya. Wisata di Bandung Selatan sangat lengkap, mulai argo wisata, wana wisata, hingga wisata tirta.

Argo Wisata di Bandung Selatan meliputi tempat-tempat pertanian dan perkebunan teh. Lokasi yang terkenal dengan Argo Wisatanya adalah daerah Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan dan Gununghalu. Sedangkan kawasan yang disebut dengan Wana Wisata di Bandung Selatan meliputi Kawah Kamojang, kawah Putih dan air panas Cimanggu.Ada juga Wisata Tirta di Bandung Selatan yang meliputi Situ Patenggang dan Situ Cileunca.

Banyak tempat lainnya di Bandung Selatan yang sekarang sedang hits dan dikenalkan oleh anak Bandung di Instagram, Facebook, Path dan sosial media lainnya. Foto-foto tempat wisata mereka di media sosial seolah menyita perhatian Saya untuk mengunjungi salah satu tempat wisata hits di Bandung tersebut.


1. Ranca Upas
Ranca Upas merupakan sebuah tempat (lokasi bumi perkemahan) di Bandung Selatan yang terkenal dengan udara yang menusuk kulit saat malam hari. Kawasan ini berjarak 45 Km dari pusat kota Bandung, dan terletak di ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 18 derajat celcius. Di tempat ini juga terdapat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

2. Perkebunan Teh Malabar Pangalengan

Selain kawasan bumi perkemahan, Bandung Selatan memiliki Gunung Malabar yang pesona alam perkebunan teh nya sangat sejuk alami. Ditempat ini sangatlah cocok untuk kegiatan olah raga jalan kaki / tea walk sambil ber rekreasi.
Di tengah-tengah perkebunan terdapat macam-macam bangunan kuno yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administratur perkebunan pada masa penjajahan sampai dengan makam K.A.R. BOSSCHA. Beliau merupakan seorang berkebangsaan belanda yang sangat mencintai tanah Sunda, beliau dapat berbahasa sunda dengan sangat baik layaknya penduduk lokal, bekas rumah Bosscha masih ada sampai saat ini dan telah berubah fungsi menjadi penginapan Wisma Malabar.
Rumah bersejarah yang terletak di tengah perkebunan teh Malabar ini berada di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut, memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan kebun teh yang sangat indah, dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 2 jam dari kota Bandung.

Tidak terlalu jauh dari Wisma Malabar terdapat makam K.A.R Bosscha, salah satu bukti kecintaannya pada Perkebunan Malabar beliau pernah berwasiat bahwa ingin dimakamkan di tengah perkebunan teh ini. Makam penemu Teropong Bosscha ini sampai sekarang masih terjaga dengan baik.

3. Kebun Strawberry
Wisata Strawberry di berbagai daerah kini sedang digandrungi. Apalagi oleh kalangan anak muda dan ibu-ibu. memetik strawberry dan dimakan langsung ditempat, hemhh sungguh yummy.
Satu tempat di Bandung selatan dikenal dengan nama Kebun Strawberry. Terletak di Ciwidey, merupakan daerah agrowisata unggulan dari kabupaten Bandung. Di daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry tradisional sampai dengan kebun dengan pengelolaan profesional. Anda bebas memilih kebun mana yang anda senangi dan memetik sendiri langsung.

4. Cimanggu
Daerah Ciwidey terkenal dengan tempat wisata yang memiliki sumber air panas alami. seperti di Cimanggu ini yang dimanfaatkan oleh Perum Perhutani sebagai kolam renang. Tempat wisata hits di Bandung yang satu ini memiliki area parkir yang sangat luas dan dilengkapi dengan wahana permainan untuk anak-anak.

5. Ciwalini
Ciwalini tidak beda jauh dengan pemandian air panas alami Cimanggu. Kawasan ini memanfaatkan sumber air panas alami sebagai kolam renang. Berada di lingkungan perkebunan Ciwalini membuat kawasan ini terasa dingin-dingin empuk jika udara sudah menepi di badan.

6. Pemandian Air Panas Cibolang
Di Bandung Selatan ada sebuah tempat wisata yang terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius, tempat tersebut adalah Pemandian Air Pans Cibolang.
Cibolang merupakan sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Dilengkapi dengan arena outbond dan fasilitas waterboom mini yang sangat cocok untuk wisata keluarga anda.

7. Situ Cileunca
Rafting seru di Situ Cileunca sungguh menguji adrenalin. Tempat ini sebenarnya bukan di khususkan untuk arung jeram pada pertama kali beroperasinya. Kawasan Situ Cileunca merupakan danau buatan yang luasnya 1.400 Hektar dengan dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan yang berada di daerah Pangalengan.
Situ Cileunca, Selain berfungsi sebagai objek wisata yang menarik, tempat ini kerap juga berfungsi sebagai sumber air bagi pembangkit tenaga listrik di Bandung. Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan. Nah sungai inilah yang digunakan oleh para traveler bermain arung jeram/rafting.

8. Situ Patenggang
Situ Patengan berjarak sekitar 47 Km dari pusat kota Bandung, atau berjarak sekitar 5 Km dari lokasi objek wisata Kawah Putih. Merupakan kawasan wisata yang berudara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi. usahakan untuk menuju tempat ini di pagi hari karena anda bisa menikmati udara Bandung yang sangat sejuk.
Situ Patenggang juga termasuk tempat yang hits di Bandung. Karena kawasan ini merupaakn ujung dari perjalanan kita menyusuri pegunungan Ranca Bali. Sebelum menuju tempat ini, anda akn melewati Kawah Putih dan Ranca Upas terlebih dahulu, dan Ahh sampailah anda di titik akhir ini.

Untuk mengitari danau ini, anda bisa gunakan perahu yang disewakan oleh penduduk setempat. Tapi jangan lupa, tawar menawar harga merupakan faktor utama untuk bisa menjelajahi tempat ini. Kisaran harganya tidak jauh dari Rp. 15.000/orang.

9. Kawah Putih
Tempat hits di bandung selatan yang terakhir kita bahas adalah Kawah Putih. Situ ini masih berada di kawasan Ranca Bali yang berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Bandung. Di Kawah Putih anda bisa menikmati wisata danau dengan kadar keasaman belerang tertinggi di seluruh dunia.
Usahakan menggunakan masker ditempat ini untuk menghindari pernafasan anda dari bau belerang yang menyengat. Keunikan ditempat ini yaitu warna air danau yang akan berubah warnanya sesuai dengan kadar keasaman belerang yang terkandung didalamnya. Sangat menarik.

Pilihan ada di tangan anda sekarang. Jadi?. Kapan Main ke Bandung Selatan?
Advertisement
Inilah 9 Tempat Wisata Paling Hits di Bandung Selatan | noreply@blogger.com | 5