Jangan Malas Belajar dan Praktek Tentang SEO

Panduan Traveling
Jangan Malas Belajar dan Praktek Tentang SEO - Alhamdulillah pada kesempatan pagi ini Saya selesai baca beberapa artikel dan tutorial tentang SEO yang kebanyakan memang mengulas optimasi blog kita di mata Search Engine.

Disini, Saya hanya ingin share pengalaman dan mencoba memotivasi diri sendiri agar tidak mudah menyerah saat belajar SEO. Biar bermanfaat ilmunnya, Amiin.

Kotalangit.com memang bukan blog yang khusus membahas tentang SEO dan tutorial blog, dan Saya juga bukan seorang yang sudah paham tentang SEO. Saya hanya blogger biasa.

Baiklah, kita kenalan dulu dengan SEO dan bagian-bagiannya.
Secara harfiah SEO terbentuk dari singkatan Search Engine Optimization. Sebuah langkah yang harus ditempuh oleh blogger (yang berniat) mengerti tentang seluk beluk websitenya dan memahami karakteristik mesin pencari. Definisi ini Saya sendiri yang buat, semoga tidak ada yang asal njiplak yah. Tapi kalau salah mohon untuk dikoreksi.

7 Faktor penting dalam belajar SEO antara lain :

  1. Dasar dari SEO (Search Engine Optimization)
  2. Pemahaman SEO bagi dunia marketing
  3. SEO Onpage
  4. SEO Offpage
  5. Research Keyword dan proses penerapannya
  6. Melihat persaingan, dan mencari metode yang digunakan pesaing
  7. Link Building / Mencari backlink yang berkualitas

Di kesempatan lain Saya mungkin akan bahas point itu satu persatu, tapi untuk postingan yang renyah ini. Saya sedang mengoptimalkan point ke 7. Alasannya sangat simple, "Saya suka menggoda".

Menyajikan konten dengan menggoda orang lain ternyata banyak digunakan juga oleh para blogger-blogger di Indonesia. Saya mungkin agak telat mengangkat tulisan ini ke permukaan. Mengapa?. Karena belum ada artikel yang menggoda untuk bisa disaingi.

Persaingan dalam kontes SEO contohnya, sangat menggoda sekali. Sampai-sampai blog anda akan dilatih untuk naik daun lalu terjun bebas. Semua itu bergantung pada anda sang pemilik blog.

Dibangun 3 bulan yang lalu, Kotalangit.com sudah cukup banyak dilirik oleh beberapa pesaing saat kontes. Walau trafic harian blognya masih di kisaran 50-100 page view, tapi alhamdulillah saja. Semoga ada yang pesan kamar di baner Agoda.com.

Mau Membangun Backlink?. Ikuti jejak Kotalangit.com


Perlu kerja keras yang ekstra jika anda ingin membangun backlink seorang diri. Sebagai blogger sejati, tinggalkan lah teknik untuk beli backlink atau cara instant dapat backlink. Masih banyak cara yang bisa anda gunakan dengan baik kok.
Sebaiknya baca dulu ini: Cara Membuat Blog Dengan Teknik Khusus
Kotalangit.com membangun backlink secara perlahan. Berusaha menyajikan konten yang berkualitas dan orisinil.  Tujuannya adalah menghindari resiko turunnya blog di mata search engine.

Anda tinggal pilih, mau main cepat dengan trafik naik tajam tapi resiko tinggi atau main halus dengan trafik berangsur pulih dan tanpa resiko.

Jadi buat tulisan di blog anda secara berkualitas dan orisinil, lalu sebarkan pada orang-orang yang juga memiliki blog dengan niche serupa dengan blog anda. Lalu lihat tanggapan mereka.

Praktek SEO secara total adalah kuncinya


Karena banyak orang yang bilang kalau belajar tanpa praktek tidak akan ada gunanya. Nah betul sekali, Saya di Kotalangit.com melakukan hal itu. Yang sedang di ujicoba adalah mengikuti Kontes Blog SEO.

Kontes blog walau menurut Google juga bisa memiliki pengaruh negatif karena banyaknya link keluar, tapi usahakan untuk bisa melakukan antisipasi terhadap hal ini. Diantaranya mengenai link yang ditautkan ke situs lain.

Jangan terburu-buru mengikuti aturan main kontes. Kalau masih ada waktu, cobalah untuk memastikan halaman blog terindeks terlebih dahulu, dan dalam posisi aman. Setelah dirasa aman, kita bisa bangun link keluar dengan perlahan tapi pasti, agar search engine tidak curiga.

Beberapa Kontes SEO yang diikuti Kotalangit.com dengan penerapan pembelajaran SEO ada dibawah ini. Rating yang didapat dari Kontes SEO bisa menentukan, kita orang yang rajin tau malas dalam belajar dan praktek tentang SEO.
  1. Krakatau Steel Peduli Masyarakat
  2. Cirebon Kota Titik-titik
  3. Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Rental Mobil di Malang
Akhir kata, mari sama-sama belajar SEO dan saling memberi masukan jika ada kesalahan ataupun menemukan hal-hal yang baru. Terima kasih, Selamat pagi.
Advertisement
Jangan Malas Belajar dan Praktek Tentang SEO | noreply@blogger.com | 5