5 Cara Membuat Blog Yang Dicintai Pembaca

Panduan Traveling
5 Cara Membuat Blog Yang Dicintai Pembaca – Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah sore ini saya kembali bisa menulis lagi di blog yang kita cintai bersma ini. Semoga tulisan ini menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat hingga pahalanya mengalir terus menerus. Amiin.

Beberapa hari ini saya tersadar dengan postingan yang ditulis oleh Mas Darmawan di blog panduanim.com. Tingkat kesadaran saya bukan serta merta tanpa alasan. Justru seribu alasan yang seharusnya saya ungkapkan untuk menjadikan blog tersebut referensi bagi blogger lainnya.

Sedikit saya ulas blog kotalangit.com yang sedang anda nikmati ini. Blog ini memang disajikan dengan berbagai konten yang boleh di katakan menarik perhatian pembaca (menurut versi saya). Dengan berbagai ulasan tempat liburan di Bandung, Jogja, Bali, dan Lombok. Namun tidak menutup kemungkinan sayapun memasukan berita terbaru hot trends seputar gaya hidup dan info aktual lainnya yang memang sedang hangat di masyarakat saat itu.

Niatan saya memang untuk membuat blog ini tidak sepi pengunjung ataupun tidak berhenti dalam satu konten yang terbilang monoton oleh pengunjung. Benar atau salahnya yang sudah saya lakukan, sedang saya tanyakan pada ahlinya mbak Trinity yang terkenal dengan blog Thenaked Traveler nya. Blognya yang nggak neko-neko bikin saya greget pengen banyak nanya sama yang empunya. Semoga ada jawaban yang bisa bikin saya puas walau sudah posting apapun di blog.

Rasanya memang mesti banyak baca beberapa tutorial blog biar kita paham tentang arah blog kita nantinya. Tentang cinta, nampaknya itu masalah hati yah. Karena semua orang bisa saja dicintai namun banyak yang tidak menancap di hati. Eeaaa…

Jangan dulu ngomongin mesin pencari yang emang kadang-kadang sensi sama blog kita. Mending sedikit merubah bahasa di blog kita yang lebih komunikatif dan banyak dibaca sama manusia daripada sama mesin. Nah, hal ini nih yang bikin saya hobi baca postingan Marikson Manurung di blognya maxmanroe.com yang ngebahas total hubungan manusia dengan mesin pencari ataupun interaksi sebaliknya. Dan kabar baiknya, dia selalu welcome sama pendatang baru di blognya.
Boleh saya ajak anda balik lagi ke topik utama?. Oke, sedikit panduan untuk para blogger pemula yang ngerasa salah langkah dengan blognya sehingga anda memiliki nasib seperti saya. Hari ini bikin satu postingan banyak yang baca, besok bikin postingan malah sepi, besoknya lagi ada lagi, sepi lagi, dan gitu aja terus sampe Negara api menyerang.

Gini deh, saya sharing aja nih disini dari hasil baca tulisan Mas Rusdiyanto di blognya Writepreneurs yang bilang nulis konten mesti panjangnya minimal 1.500 kata ternyata lebih disukai sama pengunjung. Maka dari itu, biasanya kalau kita search di mesin pencari tentang cara membuat blog akan menemukan cara-cara instan membuat blog bahkan ada yang postingan super wow dengan judul 3 menit bisa bikin blog lengkap dengan settingannya. Sekali lagi, saya suguhkan anda yang berbeda dengan judul 10 cara Membuat Blog Yang Dicintai Pembaca.

Trik membuat blog yang biasa akan saya ulas lebih dalam dan faktor pembedanya adalah dicintai oleh pembaca. Begini maksudnya, kita pasti ingin membuat blog baru yang bisa dikenal oleh banyak orang, dan tentunya itu bukan hal mudah. Kita perlu kerja keras untuk tahu dimana pembaca kita dan membangun blog kita dengan konten yang berkualitas. Baiklah, kita ulas satu persatu.

5 Cara Membuat Blog Yang Dicintai Pembaca


1. Tampilan Blog yang Menarik


Sebagai blogger tentunya kita menyukai blog yang enak dipandang mata dan juga senang melihat tulisan yang sesuai dengan aturan dan posisinya. Tampilan blog yang menarik akan membawa pembaca anda menikmati setiap postingan yang kita tulis dengan gaya khas kita.

Gaya tulisan yang unik ditambah dengan informasi yang padat didalam postingan tersebut akan membuat tampilan blog terlihat lebih elegan. Dan pembaca, akan sering mengunjungi blog anda. Ini sedang saya praktekan pada blog yang sekarang anda baca.

Bagaimana?. Merasakan tampilan yang nyaman saat baca blog ini?. Jika belum, silakan layangkan komentar anda dibawah yah. Demi sebuah kualitas dan kepuasan pembaca, saya akan berusaha lebih banyak waktu lagi mengurus blog ini.

2. Mobile Friendly dan Responsive


Sebuah raja mesin pencari terbesar Google sudah membuat perubahan besar pada 21 April 2015 dengan mengeluarkan kebijakan algoritma baru bernama Algoritma Mobilegeddon. Hal ini menjadi sangat berpengaruh pada template blog yang belum mobile friendly, karena konten akan terlihat acak-acakan.
Kabar baiknya, saat ini sudah banyak template blog yang menyertakan mobile friendly dan responsive. Anda tinggal memilih saja beragam template yang menarik dan bisa membuat pembaca blog anda nyaman membaca tulisan disana.

Blogger seperti Mas Sugen Riyadi, Kang Rohman, Mas Adhy Suryadi adalah blogger yang terkenal dengan karya mereka melalui template-template gratis di blogspot dan wordpress yang bisa anda coba. Jika ingin terlihat professional dengan memanfaatkan wordpress.org dan pakai template premium, mereka pun punya solusi di blog masing-masing yang tentunya dengan gaya khas mereka dalam mendesain template. Silakan saja dicoba.

Satu hal yang saya lupa tuliskan, jika anda sudah memiliki blog dan ingin cek blog anda sudah mobile friendly atau belum, anda bisa gunakan tool yang diberikan Google bernama Google Friendly Test 

3. Menyiapkan Bahan Konten


Dalam sebuah panduan penulisan blog sering dikatakan bahwa Konten si the King (Konten adalah Raja). Ungkapan itu merupakan memang benar, dengan banyaknya konten yang berkualitas dan relevan pada blog anda, akan menghasilkan sesuatu yang berbeda dari pembaca. Contohnya adalah tanggapannya, komentar pembaca yang masuk tentunya sesuatu yang berharga untuk anda. Bukan komentar SPAM tentunya.

Menurut Mbak Indri Lidiawati dalam blognya Juragan Cipir ia mengatakan bahwa kita mesti mempersiapkan rencana bahan konten yang tidak akan pernah habis. Ulasan teknologi, tutorial blog, kesehatan, dan peluang bisnis merupakan deretan konten yang tidak akan pernah habis dibahas dalam blog

Karena dari waktu ke waktu konten tersebut akan mengalami kemajuan dan perubahan, maka anda perlu siap merancang konten tersebut mulai dari sekarang. Jangan sampai anda kehabisan ide untuk menulis di blog karena konten yang anda buat sudah tidak relevan lagi untuk perkembangan blog anda.

4. Navigasi Blog yang baik

 

Sebagai pembaca artikel anda, seseorang ingin leluasa mendapatkan informasi yang dia inginkan dengan mudah dan cepat. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah anda untuk merancang template dengan navigasi yang baik.

Contoh salah satu bentuk navigasi yang baik ada di beberapa website portal berita seperti detik.com dan kompas.com yang secara konten mereka memiliki ribuan artikel yang saling berhubungan dan siap disantap oleh pembaca blog. Tentunya anda juga ingin menjadikan blog anda seperti itu bukan?. Sehingga pembaca bisa berlama-lama di blog anda.

Dalam pandangan SEO, setidaknya ada 5 navigasi blog yang mesti ada dalam blog anda agar memudahkan pembaca menelusuri blog anda lebih dalam.
  • Navigasi Menu yang jelas
  • Kategori pada artikel harus jelas 
  • Memasang sitemap pada blog anda dengan jelas
  • Memasang widget yang memudahkan pembaca merayapi blog anda seperti related post, recent comment, popular post, dan Arsip 
  • Memasang link berupa anchor teks yang masih berkaitan dengan balog anda pada bagian sidebar. Beberapa blog yang memanfaatkan anchor teks terbilang cukup membuat pembaca blog menambah rasa ingin tahunya pada tulisan tersebut.

5. Promosi Blog


 

Jika anda sudah memiliki blog dengan navigasi yang baik, konten berkualitas, serta terbilang ramah pada pembaca. Langkah jitu terakhir yang harus anda lakukan adalah merekomendasikan blog anda pada khalayak ramai. Dalam strategi marketing dikenal dengan istilah Blog Promotion.

Blog anda yang memiliki keunikan konten dibanding dengan blog lain patut untuk segera dikenalkan pada lebih banyak orang. Promosi blog yang terbaik adalah mempromosikan konten anda sendiri. Perbaiki konten yang akan anda sebarkan pada saat promosi di berbagai tempat.

Anda bisa membangun relasi dan mempromosikan konten dengan melakukan blog walking di beberapa blog serupa dengan blog anda. Anda masukan komentar yang juga saling berkaitan, sehingga si empunya blog mau berkunjung balik ke blog anda.

Di sebuah tulisan website Tautweb.com miliknya Mas Ahmad Khoirul Azmi menuliskan bahwa berkunjung ke blog lain bukan serta merta “tanam link” lalu anda kabur begitu saja, tapi untuk wadah membangun relasi dan komunikasi dua arah sehingga terjalin persaudaraan antar blogger. Jika sudah terbiasa dengan blog walking, anda bisa melakukan cara promosi konten lainnya yaitu bergabung di forum online, menyebar konten ke sosial media, dan lakukan pula diskusi di berbagai tempat baik online maupun offline.

Berada di foum online untuk pertama kali memang membuat anda terasa kaku, namun seiring berjalannya waktu, forum online akan membantu anda sangat banyak menemukan ide baru dan juga bisa menjalin komunikasi yang baik. Perkenalkan diri anda adalah orang dibalik blog yang anda maksud, karena dengan cara ini orang akan mengenal anda dan juga blog anda.

Kesimpulan:

Itulah Cara mudah membuat blog agar dicintai pembaca yang saya ambil berdasarkan tulisan dari para ahli dari berbagai sumber blog yang terpercaya. Pada suatu saat anda pasti menemukan cara terbaik anda membangun blog agar berkualitas dari segi konten sehingga mampu dikenal oleh banyak orang.

Anda bisa menggunakan berbagai macam cara untuk menaikkan trafic blog dan menjaring pengunjung anda, tapi ingat satu hal tentang Konten pada blog anda akan menentukan kualitas dari diri anda sebagai seorang Blogger.

Pesan saya:
Jadilah diri sendiri dan buatlah diri anda berbeda dengan yang lain.
Anda ingin menambahkan?
Silakan tuliskan di kolom komentar. Ulasan terbaik akan saya tampilkan pada postingan ini.
Advertisement
5 Cara Membuat Blog Yang Dicintai Pembaca | noreply@blogger.com | 5