Inilah Do'a dan Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Panduan Traveling
Inilah Do'a dan Tanda-tanda Turunnya Malam Lailatul Qadar - Alhamdulillah pada hari ini kita sudah menjalankan puasa Ramadhan di hari ke-20. Semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT. Dan kita terus diberikan kekuatan hingga akhir Ramadhan.

Di bulan Ramadhan, ada masa 10 hari terakhir yang paling dinantikan yakni datangnya malam Lailatul Qadar. Suatu malam yang memiliki keistimewaan lebih baik dari 1000 bulan. Keistimewaan malam Lailatul Qadar ini terdapat di malam-malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Semua muslim berharap mendapatkan malam Lailatul Qadar karena malam ini sangat mulia. Allah memberikan pahala yang sangat besar pada malam tersebut dan hanya diberikan pada orang-orang pilihan. Untuk itu setiap muslim diharapkan berdo'a dengan sungguh-sungguh bila ingin mendapatkan malam Lailatul Qadar ini.

Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar


Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan sendiri yang membedakan malam tersebut dengan malam lainnya. Berikut tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar:
1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi.
"Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh atau terpercaya.
2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Tidak seperti ibadah pada hari-hari lainnya.

3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya seperti terjadi pada sebagian sahabat Rasulullah SAW.

4. Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar.
"Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, 'Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik'." (HR Muslim).

Do'a Ketika Bertemu Malam Lailatul Qadar


Adapun doa malam Lailatul Qadar yang dianjurkan untuk dibaca apabila seorang muslim melihat datangnya ciri malam Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:
“Allahumma Innaka ‘Afuwwun, Tuhibbul ‘Afwa, Fa’fu ‘Anni.”
artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.”
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan bisa mendapatkan keberkahan dari datangnya malam Lailatul Qadar dan ada hikmah yang bisa kita ambil. Selamat memanfaatkan 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.
Advertisement
Inilah Do'a dan Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar | noreply@blogger.com | 5