8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa

Panduan Traveling
8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa - Selamat berlibur di hari sabtu ini para petualang alam liar dan pejalan kaki di kota kesayangan. Weekend ini merupakan hari terakhir kita menikmati liburan normal sebelum datangnya bulan puasa Ramadhan yang insyaallah kalau tidak meleset akan mulai pada hari Senin (6/6). Semoga puasa kita semua nanti lancar yah.

Berbagai macam list perjalanan biasanya sudah disiapkan seorang traveler menjelang bulan puasa. Tempat mana saja yang akan dikunjungi dan berapa ama waktu yang diperlukan untuk mengunjunginya. Hal yang sangat vital menurut saya.

Bulan Ramadhan di Indonesia tidak hanya menjadi sebuah bulan yang sakral, namun juga menjadi bulan yang membuat para pejalan merasa berbeda saat menginjak tempat yang sama untuk kedua kali tau kesekian kalinya.

Selain sulit menemukan warung jajanan yang buka di siang hari, backpacker pemula juga akan sulit untuk mengatur waktu perjalanan mereka karena banyaknya perbedaan waktu dan aktivitas yang biasanya. Ini di Indonesia, jadwal anda mesti mengikuti kebiasaan yang berlaku saat itu.

Namun anda tidak perlu khawatir, perjalanan anda akan terasa aman dan nyaman setelah membaca artikel ini. Karena kami yang terbiasa berjalan di waktu bulan puasa akan membagikan tipsnya pada anda. Baiklah kita simak satu persatu ya.
  1. Utamakan Makan Sahur
  2. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
    Makan sahur merupakan keperluan tubuh agar memiliki tenaga saat berpuasa seharian. Selain diwajibkan oleh agama yang merupakan salah satu sunnah, ini juga jadi kewajiban anda agar perjalanan anda tidak terganggu karena perut keroncongan ataupun terkena sakit mag.
    Beberapa makanan yang bisa anda konsumsi saat makan sahur yaitu perbanyak buah dan sayur untuk menjaga tubuh tetap prima. Jangan lupa pula minum banyak air putih dan konsumsi vitamin C khusus untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghidari terjadinya dehidrasi.
  3. Tujuan Wisata Seperlunya8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
  4. Agar stamina anda tetap terjaga saat berpuasa, ada baiknya mengunjungi tempat wisata seperlunya saja. Jika dalam sekali jalan anda biasa mengunjungi 4-5 tempat wisata, dalam kondisi berpuasa baiknya dikurangi saja. 2 sampai 3 tempat saja yang anda kunjungi saya rasa sudah cukup. Apalagi anda suka backpacker sendirian, mesti pinter-pinter jaga kondisi.
  5. Istirahat diwaktu yang tepat
  6. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
    Jika anda melihat tempat duduk dan tempat bersandar, jangan sia-siakan waktu tersebut. manfaatkan segera untuk mengistirahatkan tubuh anda dari kelelahan. Jangan sok kuat pokoknya, kalau capek yah istirahat saja.
  7. Pilih tempat yang aman
  8. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
    Beberapa tempat destinasi di Indonesia terbilang cukup aman. Namun untuk bulan puasa, terkadang ada saja yang bikin risih. Walau bukan copet atau jambret anda mesti meyakinkan traveling anda nyaman ditempat tersebut. Baiknya memilih lokasi yang memang sudah sering anda kunjungi dan anda jamin keselamatan anda saat traveling.
  9. Jalan Sore Hari Lebih Asik
  10. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
      Menelusuri beberapa tempat memang membuat anda akan kelelahan. Baiknya anda rencanakan perjalanan anda pada sore hari. Tempatnya yang tidak perlu jauh namun memiliki kesan tersendiri namapknya lebih cocok untuk anda saat berpuasa seperti ini.
    1. Bawa alat Sholat Pribadi
    2. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
        Ini jika benar-benar terjadi nekad berjalan seharian penuh, jangan lupakan alat sholat anda. Karena selain puasa menahan lapar dan dahaga, kewajiban sholat juga menjadi point yang utama melancarkan pahala puasa kita.
      1. Jadwal Imsakiyah jangan lupa dibawa juga
      2. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
        Jika berjalan ke luar kota untuk beberapa hari yang membuat anda harus menginap di kereta atau bus perjalanan misalnya, jangan lupa untuk bawa Jadwal imsakiyah terbaru. Bisa sebagai panduan anda mengetahui waktu sahur dan buka puasa.
      3. Bawa Bekal Konsumsi / Logistik
      4. 8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa
        Bekal logistri pribadi memang perlua anda persiapkan. Ini cara backpacker murah bagi anda yang ingin berhemat saat perjalanan. Seperti pada point sebelumnya yang bila anda berada jauh dari perkotaan atau dalam perjalanan dan sudah waktunya untuk buka puasa, maka santapan yang anda bawa bisa langsung anda nikmati.
      Itulah 8 Tips Backpackeran di bulan puasa yang bisa kami bagikan untuk anda semua. Jangan lupa untuk tetap berpuasa dan menjalankan semua amalan ibadah puasa yah sobat Kotalangit.
      Advertisement
      8 Tips Backpackeran Di Bulan Puasa | noreply@blogger.com | 5