5 Tips Backpacker-an Hemat dari Pemilik Blog Kotalangit.com

Panduan Traveling
5 Tips Backpacker-an dari Pemilik Blog Kotalangit.com | Ujinyali, itu kata yang terbersit pertama kali nulis postingan ini dan bener-bener mesti flashback ke belakang. Mengingat semua yang pernah dilalui tanpa pernah tertuliskan dalam buku harian (halaaah).

Tapi ini beneran, kali ini mau nulis postingan dari pengalaman pribadi yang hampir dialami semua orang sebelum akhirnya dia jadi seorang backpacker sejati.

Sebelum kesana kemari, mesti diinget tulisan ini belum saya publish di media manapun, termasuk kemaren ada yang minta tulisan saya lewat email buat dimuat di website dia. Enggak, saya lebih suka nulis disini dengan gaya tulisan saya sendiri dan sesuai sama hati nurani saya.
Kalau nanti menemukan pembahasan yang sangat berat berkaitan dengan ekspektasi yang terlalu tinggi ataupun puncak khayalan yang cuma ada di negeri dongeng, maklumi saja.

Penulis blog yang suka jalan-jalan itu imajinasinya tinggi, jalan 100 meter aja bisa jadi 2 bahan postingan di blognya dan besoknya ada yang copas. Besoknya jalan lagi 50 meter, jadi lagu 1 bahan tulisan setebel skripsi (tapi abstraknya doang). Cukup, yang copas capek.

5 Tips Backpackeran dari pemilik blog Kotalangit.com, sebut saja si penulis dan pemilik dari blog kotalangit.com ini dengan nama yang baru tenar akhir-akhir ini, Mas Hasyim.
Baca: Pemilik blog Kotalangit.com Ternyata Sudah Tidak Perjaka

Tips dari Mas Hasyim yang Pertama, Carilah Referensi

Sudah jaman yang sangat canggih, anda mesti tahu bagaimana mendapatkan informasi yang detail dan akurat. Perjalanan ke suatu tempat tidak bisa hanya bermodalkan nekat dan bagaimana nanti.

Sebagai pemula, referensi ibarat daftar isi dalam sebuah buku. Anda bisa mengumpulkan alamat, tempat menginap, objek wisata, ATM terdekat, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi. Internet bisa jadi solusi loh selagi smartphonemu hidup, tapi kalau mati?.
Baca: Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling

Tips dari Mas Hasyim yang Kedua, Kenali Destinasi Wisatamu

Berbicara tentang destinasi wisata, tentunya akan berbicara tentang budget dan akomodasi yang sangat ruwet untuk dijabarkan. Belum lagi jika membahas etnik dan budaya setempat. Maka dari itu, sebelum menjadi backpacker yang super sejati sebaiknya jadilah backpacker pemula yang tahu segala.

Jika rencana perjalananmu ke Jogja, ya setidaknya mau lah belajar sedikit bahasa Jawa halus disana untuk saling sapa dengan warga sekitar, atau memesan makanan dengan ucapan yang khas daerah mereka. Biasanya, saat keakraban terjalin, harga pun bisa bermain.

Tips dari Mas Hasyim yang Ketiga, Bawa yang penting saja sob

Berapa lama perjalananmu hei anak muda backpacker pemula, tenukan waktunya lalu list kebutuhannya.

Biasanya, si pemula akan membawa berbagai macam keperluan karena ketakutan tidak bisa tidur nyenyak, tidak bisa makan enak, ataupun tidak bisa berjalan kaki dengan enak. Hal itu sebaiknya dilupakan.

Backpacker-an merupakan kegiatanmu meninggalkan rutinitasmu dan lakukanlah sosialisasi dengan orang baru. Yang terpenting adalah bawa tanda pengenal (KTP, Paspor, Visa, dsb) yang bisa memudahkanmu saat perjalanan di perkotaan.

Selanjutnya packing pakaian seperlunya dan cukupkan semua bawaan dengan ranselmu. Inget, cukup bawa satu ransel saja untuk permulaan backpackermu. Dengan

Tips keempat, Biasakan Mengatur Jadwal walau secara kasar


Backpacker biasanya terkenal dengan sesuatu kejadian yang diluar dugaan, namun bila kebanyakan kejadian itu terjadi maka yang ada adalah anda tidak bisa menikmati waktu liburan dengan gaya anda sesungguhnya.

Disini kita usahakan untuk membuat jadwal dan draft beberapa keperluan yang urgent seperti keberangkatan transportasi, mau menginap dimana, saat malam datang pilih tempat kuliner mana yang akan dituju. Nah, hanya seperti itu kira-kira listnya.
Anda mungkin bisa mengingatnya, namun usahakan untuk tetap menulisnya di sebuah buku catatan kecil yang disimpan di saku anda. Ini antisipasi dari Smartphone anda jika sewaktu-waktu mati total.

Tips kelima dari Mas Hasyim, Sebaiknya kamu pergi Sendiri-an

Tips yang terakhir ini terdengar sedikit ekstrim. Bukan bermaksud untuk menyuruh anda pergi keluar rumah (backpackeran) sendiri tanpa pengawasan orang tua ataupun teman dekat anda, tapi ini suatu bentuk uji mental anda saat berada seorang diri; kuat atau cengeng.

Dari beberapa lokasi wisata yang pernah saya datangi seorang diri memang kita merasa lebih lepas dan santai. Walau terkadang susah untuk mengabadikan foto sendiri tanpa bantuan tongsis.
Baca juga: Tips hasilkan Foto Selfie yang Keren ala Selebgram
Bahasa ke-kiniannya adalah Solo Traveling, yang bisa membuat seseorang teruji mental dan fisiknya. Sebagai ajang mencari jodoh juga bisa dilakukan saat traveling seorang diri (khusus yang jomblo).

Itulah 5 tips backpackeran ala pemilik blog Kotalangit.com. Walaupun terbilang nyeleneh orangnya, tapi tipsnya boleh juga untuk dicoba.

Selamat jalan-jalan dan Semoga Hemat!
Advertisement
5 Tips Backpacker-an Hemat dari Pemilik Blog Kotalangit.com | noreply@blogger.com | 5