Rute menuju Embung Nglanggeran - Danau Buatan di Atas Gunung Kidul

Panduan Traveling
Rute menuju Embung Nglanggeran - Danau Buatan di Atas Gunung Kidul - Jogjakarta kembali menjadi tempat yang asyik untuk dibahas di awal pekan ini. Selain destinasi wisata pantai dan candi, Jogja juga punya destinasi danau buatan yang berada diatas Gunung Kidul bernama Embung Nglanggeran.

Rute menuju Embung Nglanggeran - Danau Buatan di Atas Gunung Kidul

Destinasi wisata ini mulai cukup terkenal sekitar 3 tahun terakhir di masyarakat Jogja. Awalnya daerah ini adalah bukit biasa tanpa ada satupun tempat yang menarik untuk dikunjungi. Namun dengan adanya inisiatif dari masyarakat dan pemerintah pada 2013 akhirnya merealisasikan sebuah objek wisata di atas bukit Gunung Kidul.

Raja Jogja pada saat itu Sri Sultan HB X meresmikan objek wisata Embung Nglanggeran pada 19 Februari 2013.

Rute Menuju Embung Nglanggeran


Ada 2 jalur yang bisa anda lalui untuk menuju tempat ini yaitu dari jalur barat (Jogja) dan dari jalur timur (Wonosari). Berikut jalur lengkapnya:
Baca: 5 Tempat Paling Menyeramkan di Jogja saat Liburan
  • Jalur Barat (Jogja)
  • Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Hargodumilah atau Bukit Bintang – Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri – Desa Ngoro-oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong lurus saja ikuti jalan aspal – Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.

  • Jalur Timur (Wonosari)
  • Wonosari – Bundaran Siyono – Tugu Batas Kota Wonosari – Lanud TNI AU Gading – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambi Pitu memutar ke kanan – sekitar 50 KM akan ada pertigaan, ke kiri, masuk ke Padukuhan Widoro Wetan – Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan – Pertigaan ke kanan – Kebun Buah Nglanggeran.

    Baca juga Artikel menarik kami lainnya:

    Gerakan Krakatau Steel Peduli Perubahan Masyarakat
    Pilih Nahwa Untuk Travel dan Rental Mobil di Malang
    Hijab Modern persembahan Zaskia Sungkar
    Koleksi Hijab Zaskia Sungkar meriahkan Idul Fitri 2016

    Selain jadi objek wisata, Embung Nganggeran juga berfungsi sebagai tempat untuk menampung air yang digunakan untuk irigasi kebun-kebun yang ada dibawah bukit Embung Nglanggeran.

    Oleh karena itu, banyak warga disekitar sini menyebutnya dengan nama Kebun Buah Nglanggeran.

    Itulah ulasan kami mengenai Rute menuju Embung Nglanggeran - Danau Buatan di Atas Gunung Kidul. Semoga bermanfaat.
    Advertisement
    Rute menuju Embung Nglanggeran - Danau Buatan di Atas Gunung Kidul | noreply@blogger.com | 5