Ini Cara Saya Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling

Panduan Traveling
Ini Cara Saya Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling - Teknologi yang berjalan dengan pesat menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditolak oleh kehidupan saat ini. Penggunaan smartphone saat traveling pun menjadi sangat wajib hukumnya. Pasalnya Smartphone bisa jadi barang yang sangat cepat bisa digunakan dalam situasi darurat.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Sayangnya, smartphone yang seharusnya jadi penolong malah menjadi alat yang menyeramkan ketika harus habis baterai saat dalam kondisi darurat dan mendesak. Anda pasti sangat marah dan kesal dengan keadaan seperti ini.

Beberapa hal yang saya lakukan saat traveling untuk menghemat baterai Smartphone yang terbukti ampuh ini bisa juga anda coba.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling


1. Kurangi Kecerahan Layar

Faktor layar cahaya menurut saya sangat berpengaruh. Hal ini bisa menjadikankonsumsi baterai lebih besar. dengan melakukan setting kecerahan cahaya ke ukuran 10-30 persen sudah cukup bisa membuat baterai bertahan lebih lama.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Selain setting kecerahan cahaya, anda juga bisa mengakali dengan menggunakan walpapper yang yang gelap. Alasannya gampang, Smartphone saat traveling hanya digunakan pada waktu-waktu darurat dan bukan untuk memandangi foto narsis anda di layar Smartphone.
Jangan cuma hemat baterai, hemat juga budget travelingnya

2. Set Waktu Sleep

Waktu tidur di Android bisa juga anda atur lebih cepat. Waktu ketika layar mati setelah android tidak digunakan merupakan salah satu trik penting.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Jika Smartphone dibiarkan menyala tanpa ada aktivitas maka konsumsi baterai akan tetap bekerja dan mengkonsumsi daya yang cukup besar. Lebih baik di percepat kan jadinya.

3. Matikan GPS, Wifi, dan Bluetooth

Jika anda hendak menuju ke sebuah lokasi yang sudah anda ketahui, pastikan alat pelacak seperti GPS sudah anda matikan. Hal ini akan memberikan baterai Smartphone anda lebih lama untuk digunakan. Begitu juga dengan Wifi dan Bluetooth apabila tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Konsumsi baterai untuk penggunaan GPS terbilang sangat besar, bisa membuat Smartphone anda boros baterai. Anda bisa buktikan borosnya penggunaan GPS saat mencari Pokemon. Paling-paling satu jam baterai Smartphone anda akan langsung habis.
Pakai GPS yang ramah lingkungan: Gunakan Penduduk Setempat

4. Aktifkan Airplane Mode

Saat perjalanan menggunakan pesawat dan traveling ke tempat-tempat yang jauh, Saya biasanya mengaktifkan fitur Airplane mode. Hal ini memang disarankan saat naik pesawat, namun lebih jauh dari itu ternyata baterai Smartphone bisa lebih lama hidupnya dan bisa digunakan pada saat-saat darurat saja.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Selain itu, fitur Airplane Mode juga bisa membuat Saya nyaman dan tidak merasa terganggu. Karena semua bagian seperti GPS, Wifi, Bluetooth, dan Jaringan akan mati. Jadi bisa traveling tanpa ada yang kirim broadcast penawaran obat kuat di BBM.

5. Matikan Fitur Pintar Smartphone

Fitur Smartphone yang satu ini bisa anda pikirkan kembali untuk digunakan perlu atau tidaknya. Salah satunya adalah rorate screen yang bisa membuat tampilan layar terkesan lebih lebar dan melihat berbagai bagian dengan lebih jelas, tapi wiiih ternyata konsumsi baterainya sangat besar.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Saya biasanya tidak pernah mengaktifkan fitur ini saat traveling. Untuk membaca peta Saya terkadang menggunakan peta manual yang ada dari kertas seperti atlas dan semacamnya. Atau print peta yang lebih rinci dari Google lalu masukan ke saku celana. Lebih praktis buat hemat baterai.

6. Pasang Mode Silent

Mode Silent pada Smartphone sangat beragam saat ini. Ada yang hanya getar, hanya ringtone, diam, dan sebagainya. Tapi Saya biasanya menggunakan mode Silent sat traveling. Silent disini adalah menghilangkan getar dan suara dan hanya memunculkan notifikasi apabila ada yang suatu saat perlu dengan kita.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Dengan mode ini masih bisa merasa mengganggu suasana traveling, tapi tidak ada salahnya anda juga mencoba karena khawatir ada info darurat dari orang rumah yang ingin mengabarkan sesuatu yang mendesak. Itu saja alasannya.
Tips traveling super nyaman bareng si Dia

7. Manfaatkan Eksternal Charger

Saat ini masalah energi terus dikembangkan, tidak terkecuali masalah borosnya baterai sudah bisa dihindari walau sedikit. Dengan penggunaan eksternal charger berbasis solar cell bisa membuat charger cadangan untuk Smartphone sewaktu diperjalanan. Jika anda punya power bank, bisa juga dibawa saat traveling.

Cara menghemat baterai Smartphone saat Traveling

Dari 7 cara menghemat baterai smartphone yang saya lakukan diatas, anda juga bisa mengoptimalisasi sendiri baterai Smartphone anda agar lebih hemat.
  • Menggunakan Fitur Pemberitahuan Layar Kunci
  • Mengurangi Widget Smartphone
  • Menggunaka Modus hemat Baterai
  • mematikan Fitur OK Google
  • Jangan terlalu sering cek Smartphone saat traveling
  • Tutup Aplikasi yang tidak dipakai
  • dan sebagainya...
Advertisement
Ini Cara Saya Menghemat Baterai Smartphone Saat Traveling | noreply@blogger.com | 5